Sabtu, 24 November 2007

Selayang Pandang










SEJARAH SINGKAT SMA NEGERI 1 CIAWI DAN PERKEMBANGANNYA

SMA Negeri 1 Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, berasal dari SMA Negeri 2 Bogor Filial di Ciawi, berdiri diatas tanah seluas 5920 M2 dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Mulai dibangun pada tahun 1975 terdiri dari 6 ruang kelas, 1 ruang kantor termasuk ruang Kepala Sekolah dan Guru, ruang Tata Usaha dan kamar mandi / wc, diprakarsai oleh Camat Kecamatan Ciawi yaitu T. Badru Kamal ( sekarang Drs. H. T. Badru Kamal, MM menjabat sebagai Wali Kota Depok ), juga prakarsa Kepala SMP Negeri 1 Ciawi (E.Sukardja ) beserta jajarannya serta dukungan masyarakat Ciawi dan sekitarnya.

Pada bulan Januari 1976 mulai menerima siswa baru 3 kelas dengan jumlah siswa ± 109 orang. Kepala Sekolah dijabat oleh Duyeh Effendi, BA dan Guru berasal dari SMA Negeri 2 Bogor diantaranya :

  1. M. Dudin ( Alm ), guru Menggambar
  2. Umar Said ( Alm ), guru Bahasa Indonesia
  3. Drs. Zaenal Abidin, guru Bahasa Indonesia
  4. Drs. Muslim Darwis ( Alm ), guru Kimia
  5. Moch. Daos, guru Biologi
  6. M. Soleh Sobana, guru Pendidikan Agama Islam
  7. Drs. Djoko Susetiyo, guru Fisika
  8. Suganda, guru Olah raga
  9. Hambali ( Alm ), guru Olah Raga
  10. Drs. Nizam ( Alm ), guru Ekonomi
  11. Ahmad, guru Sejarah
  12. Mena Sihombing, guru Bahasa Inggris
  13. Patinama, guru Bahasa Jerman
  14. Aep Surahman ( Alm ), guru PMP
  15. Drs. Anthonius, guru Fisika.

Tidak lupa Guru Honorer dari SMP Negeri 1 Ciawi yaitu :

  1. Drs. Atang Suriatmadja
  2. Widya Somantri
  3. Sarkudi ( Alm )
  4. Sanusi
  5. Baidilah
  6. Kasrudin Haris

Sedangkan Guru tetap pengangkatan Pemerintah sebagai cikal bakal sebanyak 6 orang yaitu :

  1. Cholil Sumantri, BA , guru Geografi
  2. Nana Sutarna, BA , guru B & P
  3. Djudju Izudin, BA , guru Bahasa Indonesia
  4. Iding Wiriasaputra, BA , guru PMP
  5. Rosmanidar, BA ( Almh ), guru Bahasa Inggris
  6. Mariyati, BA , guru Bahasa Indonesia

( Sekarang semuanya sudah menyandang gelar Sarjana / S.1 bahkan salah seorang sudah berhasil meraih Ijazah S.2 yaitu Dra. Hj. Mariyati, M.Pd , paling bersyukur lagi 4 orang sudah menjadi haji dan hajah ).

Pada tahun 1977 Guru Tetap bertambah 2 orang yaitu Drs. BY. Sukarno ( Alm ) guru Sejarah dan Tb. Yayat Suharya, BA guru Geografi ( sekarang Drs. H. Tb. Yayat Suharya Mantan Kepala SMA Negeri 1 Cibungbulang )

Pejabat Kepala Sekolah pada tahun 1978 adalah Drs. TH. Lebdoto dan Pelaksana Harian / PLh Kepala Sekolah ditugaskan Yusuf, BA.

Pada masa itu terbentuklah Pengurus Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan ( BP.3 ) yang diketuai oleh DR. Ir. H. Soekotjo Tjokrosoewarno dan Bendahara Letkol ( Purn ) Dang Husen, hasil musyawarah / mufakat para orang tua murid. Pada masa baktinya dari tahun 1978 s.d. 1990 berhasil menambah 9 ruang Kelas, ruang BP, Mushola, Kantin Sekolah. Mulai tahun 1991 – 1995 Ketua BP.3 dijabat oleh DR. Soetikno W dan mulai tahun 1996 sampai sekarang Ketua BP.3 ( Komite Sekolah ) oleh dr. H. Ponardi Achyar M.

Pada tanggal 10 Oktober 1980 Peresmian penunggalan dari SMA Negeri 2 Filial di Ciawi menjadi SMA Negeri 1 Ciawi atas dasar Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0207 / O / 1980 tanggal 30 Juli 1980 ( tmt. 1 Juli 1980 )

Mulai tahun 1981 baru mendapat Kepala Sekolah yang devinitif, serah terima jabatan dari Drs. TH. Lebdoto kepada Suwamin, BA dilaksanakan pada tanggal 2 September 1981.


Tidak ada komentar: